Maret 03, 2012

LOOKING FOR INSPIRATIONS


I think it’s hard for looking inspiration. Kadang inspirasi atau yang lebih sederhana sering disebut ide, datangnya gak tahu tempat dan waktu. Gak bisa diprediksi. Bisa aja kan pas lagi makan, tiba-tiba dapet ide buat tema karya tulis kita. Atau waktu di angkutan umum sewaktu pulang dari sekolah, tiba-tiba “triiingg” muncul ide buat jalan cerita cerpen yang lagi kita buat.
Tapi kalo sengaja dicari, itu ‘sang ide’ susah nongolnya. Setuju gak?
Aku nulis ini sih karena pengalaman pribadi aja. Coz aku juga sering ngalamin yang kayak gitu. For looking inspiration, buat aku sendiri ada hubungannya dengan mood. Karena emang aku orangnya moody gitu. Misalnya, kalo dipaksain buat nulis padahal lagi gak mood, idenya gak keluar-keluar. Walaupun misalnya udah nongkrongin notebook berjam-jam sampe mata tinggal lima watt lagi.
Tapi beda halnya kalo lagi mood, idenya langsung keluar semua, dan nulis pun lancar. Mencari ide ini gak hanya buat tulis-menulis aja. Misalnya buat mendesain atau dekorating dan lain-lain.
Dan yang aku lakukan kalo udah badmood adalah bagaimana caranya mengembalikan mood yang hilang tadi. Coz kalo mood nya udah balik lagi, otomatis idenya juga muncul dong. Misalnya dengan....

*      Mencari tempat dan posisi yang ‘pewe’ alias posisi wenak.
Kalo udah sumpek di dalam rumah, kamu bisa pindah ke halaman belakang, taman depan rumah, atau sekedar di beranda rumah. Atau juga kalo mau, kamu bisa main ke pantai dan sambil liat-liat pemandangan.
Intinya sih nyari suasana yang rada tenang aja.

*      Sambil ngemil.
Nah ini yang sering banget aku lakuin. Kalo lagi ngerjain tugas atau apapun terus kehambat sama yang namanya bete, aku biasanya langsung ambil toples dan ‘aaamm’ ngemil. Hehheehe 

*      Dengerin musik.
Ini juga biasanya bisa ngilangin bete kalo pas nyari ide. Kebanyakan sih kalo lagi kayak gini, lagunya yang slow. Atau dengerin musik instrumentalnya aja. Beuuh, tenang.
*      Refreshing sejenak.
Kalo udah jenuh, jangan dipaksain. Ini malah bikin kerjaan yang lagi kamu lakukan berantakan. Karena pada dasarnya semua yang kamu lakukan itu harus dari hati. So, kamu bisa istirahat sejenak. Misalnya, nonton TV dulu, maen dulu, atau apa pun lah itu. Siapa tahu, pas lagi nonton ada ide yang dateng. Iya gak?
*      Minta pendapat.
Minta pendapat sama orang-orang disekitarmu. Barangkali pendapat mereka bisa mencerahkan pemikiran kalian.

Ada yang mau menambahkan?

0 comments:


 

Blog Template by YummyLolly.com